Arsiparis adalah tenaga fungsional yang handal dan terlatih untuk merawat dan melestarikan arsip vital | Pemerintah tanpa arsip ibarat tentara tanpa senjata | Arsip merupakan saksi bisu, tak terpisahkan, handal dan abadi yang memberikan kesaksian terhadap keberhasilan atau kegagalan | Suatu bangsa tanpa arsip akan mengalami sindrom amnesia kolektif dan akan terperangkap dlm kekinian yg penuh dgn ketidakpastian |Dari semua aset negara yang ada, arsip adalah aset yang paling berharga |Arsip merupakan warisan nasional yang perlu dipelihara dan dilestarikan

Sabtu, 29 Januari 2011

Penghargaan Sebagai Unit Kearsipan Teladan Nasional Tingkat Pusat untuk Kemlu


Kementerian Luar Negeri RI mendapat penghargaan terbaik kedua sebagai Unit Kearsipan Teladan Nasional Tingkat Pusat, dengan menyisihkan sekitar 60 peserta dari Kementerian/Lembaga lainnya. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Jakarta, 15 November 2011.
Prestasi sebagai unit kearsipan terbaik kedua di skala nasional tersebut diraih melalui proses yang cukup panjang, yaitu satu tahun dengan mengisi angket fasilitas kearsipan Kemlu.

Selain itu, Tim ANRI selaku pihak penilai juga melakukan proses verifikasi langsung ke bagian arsip Kemlu yang dikelola oleh Biro Administrasi Kementerian dan Perwakilan (BAKP), melihat langsung p
elaksanaan pengelolaan arsip di beberapa satuan kerja terkait di Kemlu seperti di BAKP dan Sekretariat Jenderal Amerika dan Eropa, serta mencoba fasilitas aplikasi Record Centre Information Service (ReCIS) yang dipakai dalam pengelolaan arsip inaktif Kemlu.

Adapun urutan pemenang Unit Kearsipan Teladan Nasional Tingkat Pusat adalah Mahkamah Konstitusi, Kementerian Luar Negeri,
Sekretariat Negara, Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sementara pemenang tingkat daerah adalah
Badan Kearsipan dan Perpustakaan Surabaya Jawa Timur, Badan Kearsipan dan Perpustakaan Jawa Tengah, Badan Kearsipan dan Perpustakaan Jawa Barat, Badan Kearsipan dan Perpustakaan Sulawesi Selatan, Badan Kearsipan dan Perpustakaan Yogyakarta, serta Badan Kearsipan dan Perpustakaan Kalimantan Selatan. (Sumber: BAKP)

 www.kemlu.go.id/Pages/News.aspx?IDP=5287&l=id
 

1 komentar:

  1. Kakak kakak arsiparis Kemlu.... Ada lowongan magang kah di Kearsipan Kemlu??
    Prosedurnya bgaimana n kontak ke siapa ?
    saya mhsiswi d3 arsip ugm yg bulan februari ada mata kuliah PKL,...
    mhon jawabannya secepatnya ya kak? emailku: puuzz90@yahoo.com

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung ke Blogs Arsiparis Kemlu, untuk Temans Arsiparis dimohon komentar dan sarannya yang membangun demi kemajuan sistem teknologi dari pada pengelolaan arsip manual dan digital.